-->

Selasa, 30 Desember 2014

e-commerce Indonesia dan genjotan kualitas blanja.com

e-commerce atau gampangnya disebut perdagangan yang dilakukan secara elektronik makin mewarnai perdagangan di Indonesia. Perdagangan secara online ini memiliki sifat unggul dalam memperbesar pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi karena jangkauannya yang luas. Dengan penerapannya yang makin lama makin luas, tentunya e-commerce juga meningkatkan nilai kompetisi antara komunitas bisnis di Indonesia. Positifnya, hal ini memacu kreativitas pebisnis dalam menghadapi persaingan.

Blanja.com yang diluncurkan dari hasil kerjasama Telkom Group dan eBay (Situs e-commerce berkelas internasional) merupakan situs yang menggenjot kualitas e-commerce di Indonesia. Dengan dibawahi nama besar eBay, tentunya blanja.com memunculkan label “situs e-commerce lokal terpercaya”. Aspek website aman, jelas, memudahkan, dan menarik untuk dikunjungi mampu dikemas secara expert oleh blanja.com. Berikut ini sedikit review keunggulan kualitasnya.

Untuk keamanan, blanja.com menetapkan peraturan pengguna yang mengatur banyak poin sebagai upaya mencegah penyalahgunaan situs. Penjual dipilih secara selektif dengan diharuskan melengkapi dokumen fotokopi tanda pengenal, rekening bank, surat pernyataan, NPWP dan Surat Ijin Usaha jika diperlukan. Selain itu blanja.com juga sudah terverfikasi GeoTrust.

Blanja.com memiliki tampilan yang jelas dan memudahkan penggunanya. Produk-produk pada blanja.com diatur dalam katalog berdasarkan kategori yang memuat sub-kategori secara jelas sehingga memudahkan penjelajahan dalam situs e-commerce ini (gambar 1). Selain itu, tersedia menu pencarian berdasarkan rentang harga bahkan mendukung pencarian lokasi penjual. Pada homepage juga dimunculkan katalog produk dalam kategori lain (seperti produk best seller, toko favorit) yang berisi gambar tanpa ketinggalan pencantuman harganya (gambar 2).


Tayangan untuk tiap produk memiliki rincian yang cukup mendetail dalam penjelasan produk. Nama barang, harga , jumlah ketersedian barang, form alamat dan biaya pengiriman, informasi toko, deskripsi dan spesifikasi produk, bahkan transaksi yang mendukung COD juga diberi ruang sendiri (gambar 3). Selain itu, penyajian gambar lebih menarik dengan tampilan memperbesar gambar ketika crusor diarahkan ke gambar produk (gambar 4).
Blanja.com juga pengiklan yang baik bagi para penjual. Di bagian bawah halaman yang menyajikan detail produk, blanja.com merkomendasikan beberapa jenis produk yang mungkin disukai pengguna akun situs e-commerce tersebut. Jadi ketika seorang calon pembeli ingin mencari sebuah produk yang ingin dibeli, maka dia akan mencari produk tersebut dan menuju halaman yang memuat detail produk yang diingini. Setelah dia berada di halaman produk dan membaca detailnya, maka produk yang direkomendasikan blanja.com pada halaman tersebut akan mendapatkan kesempatan dibaca calon pembeli dan mungkin dapat menarik minat pembeli sehigga terdapat peluang terjadinya transaksi jual-beli untuk produk yang direkomendasikan tersebut.

Kualitas situs e-commerce bisa juga dilihat dari kepercayaan dan kepuasan pengguna situs dalam melakukan transaksi jual-beli. Demi meningkatkan kuantitas bertransaksi, situs e-commerce harus melakukan upaya-upaya  guna mendongkrak kualitas pelayanan yang baik. Dilansir dari IndoTelko.com, blanja.com menargetkan 2000 transaksi per hari di tahun 2015. Upaya yang dilakukan situs e-commerce satu ini adalah memberi metode pembayaran menggunakan T-Cash dan Telkomsel Poin untuk pengguna Telkomsel. Pembayaran menggunakan T-Cash dapat mendapatkan cashback sampai 1 juta rupiah dan pembayaran menggunakan Telkomsel Poin. T-Cash, kartu kredit, transfer ATM, Internet Banking dan COD adalah metode pembayaran dalam bertransaksi yang disediakan blanja.com. Benar-benar genjotan e-comerce di Indonesia.


1 komentar :

blogger bumi lasinrang delete Minggu, Februari 01, 2015

sekarang maish nulis biasa bang belum punya bisnis online