e-commerce atau gampangnya disebut
perdagangan yang dilakukan secara elektronik makin mewarnai perdagangan di
Indonesia. Perdagangan secara online ini memiliki sifat unggul dalam
memperbesar pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi karena
jangkauannya yang luas. Dengan penerapannya yang makin lama makin luas,
tentunya e-commerce juga meningkatkan
nilai kompetisi antara komunitas bisnis di Indonesia. Positifnya, hal ini
memacu kreativitas pebisnis dalam menghadapi persaingan.
Blanja.com
yang diluncurkan dari hasil kerjasama Telkom Group dan eBay
(Situs e-commerce berkelas internasional)
merupakan situs yang menggenjot kualitas e-commerce
di Indonesia. Dengan dibawahi nama besar eBay, tentunya blanja.com memunculkan
label “situs e-commerce lokal
terpercaya”. Aspek website aman, jelas, memudahkan, dan menarik untuk
dikunjungi mampu dikemas secara expert
oleh blanja.com. Berikut ini sedikit review keunggulan kualitasnya.
Untuk
keamanan, blanja.com menetapkan peraturan pengguna yang mengatur banyak poin sebagai
upaya mencegah penyalahgunaan situs. Penjual dipilih secara selektif dengan
diharuskan melengkapi dokumen fotokopi tanda pengenal, rekening bank, surat
pernyataan, NPWP dan Surat Ijin Usaha jika diperlukan. Selain itu blanja.com
juga sudah terverfikasi GeoTrust.
Blanja.com
memiliki tampilan yang jelas dan memudahkan penggunanya. Produk-produk pada
blanja.com diatur dalam katalog berdasarkan kategori yang memuat sub-kategori
secara jelas sehingga memudahkan penjelajahan dalam situs e-commerce ini (gambar 1). Selain itu, tersedia menu
pencarian berdasarkan rentang harga bahkan mendukung pencarian lokasi penjual.
Pada homepage juga dimunculkan katalog produk dalam kategori lain (seperti
produk best seller, toko favorit) yang berisi gambar tanpa ketinggalan
pencantuman harganya (gambar 2).
Tayangan untuk tiap produk
memiliki rincian yang cukup mendetail dalam penjelasan produk. Nama barang,
harga , jumlah ketersedian barang, form alamat dan biaya pengiriman, informasi
toko, deskripsi dan spesifikasi produk, bahkan transaksi yang mendukung COD
juga diberi ruang sendiri (gambar 3).
Selain itu, penyajian gambar lebih menarik dengan tampilan memperbesar gambar
ketika crusor diarahkan ke gambar produk (gambar
4).
Blanja.com juga pengiklan yang baik bagi para
penjual. Di bagian bawah halaman yang menyajikan detail produk, blanja.com
merkomendasikan beberapa jenis produk yang mungkin disukai pengguna akun situs e-commerce tersebut. Jadi ketika seorang
calon pembeli ingin mencari sebuah produk yang ingin dibeli, maka dia akan
mencari produk tersebut dan menuju halaman yang memuat detail produk yang
diingini. Setelah dia berada di halaman produk dan membaca detailnya, maka
produk yang direkomendasikan blanja.com pada halaman tersebut akan mendapatkan
kesempatan dibaca calon pembeli dan mungkin dapat menarik minat pembeli sehigga
terdapat peluang terjadinya transaksi jual-beli untuk produk yang
direkomendasikan tersebut.
Kualitas situs e-commerce bisa juga dilihat dari
kepercayaan dan kepuasan pengguna situs dalam melakukan transaksi jual-beli.
Demi meningkatkan kuantitas bertransaksi, situs e-commerce harus melakukan upaya-upaya guna mendongkrak kualitas pelayanan yang
baik. Dilansir dari IndoTelko.com, blanja.com menargetkan 2000 transaksi per
hari di tahun 2015. Upaya yang dilakukan situs e-commerce satu ini adalah memberi metode pembayaran menggunakan
T-Cash dan Telkomsel Poin untuk pengguna Telkomsel. Pembayaran menggunakan
T-Cash dapat mendapatkan cashback sampai 1 juta rupiah dan pembayaran
menggunakan Telkomsel Poin. T-Cash, kartu kredit, transfer ATM, Internet
Banking dan COD adalah metode pembayaran dalam bertransaksi yang disediakan
blanja.com. Benar-benar genjotan e-comerce di Indonesia.
1 komentar :
sekarang maish nulis biasa bang belum punya bisnis online